Guru Fisika di SMA Al Azhar Syifa Budi Solo
CGP Angkatan 4 Kota Surakarta
Mengajar di Al Azhar Syifa Budi Solo mulai 2011 di Unit SMP, sempat mengajar Matematika, IPA Fisika, TIK di SMP Al Azhar Syifa Budi Solo. Pada tahun 2017 dipindah tugaskan ke Unit SMA sebagai pengajar Fisika, Leadership Enterpreneurship, dan Informatika.
Selain mengajar, Mulyani juga ditugasi sebagai pembina Pramuka, baik di SMA Al Azhar Syifa Budi Solo ataupun ketika di Unit SMP. Selain Pembina Pramuka, pernah juga menjadi pembina PMR di SMP Al Azhar Syifa Budi, Pelatih dan pembina Robotik di SMA Al Azhar Syifa Budi Solo.
Sebagai seorang Guru, Mulyani sangat suka mempelajari hal-hal yang baru dan menantang. Hal yang menarik bagi dia adalah kegiatan outdoor dan juga Teknologi, beberapa karyanya atau perannya dalam teknologi antara ain, sebagai admin chromebook yang dikelola sekolah, membuat media ajar algoritma searching "tebak angka", membuat bahan ajar mail merge yang keduanya berbasis google workspace Pelajaran Informatika Kelas X, berkolaborasi membuat asesmen minat bakat, dan beberapa karya lainnya.
Aksi Nyata Filosofi Pemikiran Ki Hajar Dewantara, CGP mencoba mempraktikkan pembelajaran yang memperhatikan Kodrat murid.
Kodrat alam yang dipraktekkan disini adalah kecenderungan murid untuk berkumpul dengan temannya, suka mempraktekkan sesuatu
Kodrat zaman yang dipraktekkan adalah penggunaan teknologi sesuai masa saat ini
Aksi Nyata yang dipilih CGP adalah Nilai Guru Penggerak yaitu Reflektif, Reflektif dipilih karena CGP merasa masih kurang dalam menerapkan nilai reflektif.
Tujuan dari aksi nyata ini adalah Guru penggerak melakukan refleksi untuk perbaikan pembelajaran kedepannya
Sebagai guru penggerak tentunya harus memiliki visi tentang muridnya di masa depan seperti apa, dengan visi ini CGP bisa mengarahkan dirinya untuk mencapai visi tersebut.
Visi saya untuk murid masa depan saya adalah
“ Guru bergerak menciptakan murid yang merdeka dalam belajar”
Kegiatan Aksi Nyata ini berfokus pada penerapan restitusi bagi siswa yang memiliki masalah
Tujuan dari aksi nyata ini adalah Guru penggerak mempraktikkan hasil pembelajarannya untuk menciptakan budaya positif dengan menerapkan restitusi untuk membantu murid menyelesaikan masalahnya.
Aksi Nyata kali ini CGP mempraktikkan Coaching model TIRTA bersama rekan sejawat
Terdapat salah satu murid kelas 12 yang jarang sekali mengikuti pembelajaran. Setelah digali informasi, murid tersebut beralasan bahwa dia tidak mau sekolah karena orang tuanya belum membayar administrasi sekolah.
Pihak sekolah sudah memfasilitasi pertemuan dengan orangtua untuk membicarakan masalah ini, namun orang tua belum sempat ke sekolah dikarenakan kesibukannya.
Pengelolaan Program Berdampak pada Murid, disini CGP menyusun Rancangan Program Pengembangan Sekolah memalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang berisi :
Rantai Hasil
Manajemen Resiko
Kerangka Monitoring dan Evaluasi
Pembelajaran Program
Bahan Ajar Algoritma Searching
Informatika Kelas X
Bahan Ajar Integrasi Aplikasi Perkantoran Menggunakan Google
Informatika Kelas X
Menyiapkan Asesmen Minat